Mengenai
Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)
Siklus hidup
produk merupakan konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika
kompetitif suatu program yang dihasilkan dan ditawarkan oleh lembaga kursus dan
pelatihan.
Siklus Hidup
Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat
produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar . Siklus
Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting dalam
pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing
suatu produk.
Sedangkan
manfaat dari siklus hidup produk ( Product Life Cycle) antara lain :
A. Tahap
perkenalan (introduction); pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah
yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.
B. Tahap
pertumbuhan (growth); Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan
meningkat dengan cepat.
C. Tahap
kedewasaan (maturity); Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa
penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap.
D. Tahap
kemunduran (decline); Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan
selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang
baru.
Untuk contoh
Indonesia, misalnya Rinso yang berhasil memperpanjang PLC-nya dengan
memperkenalkan Rinso Baru, Rinso Ultra, Rinso Formula Plus, serta Rinso Warna.
sumber:
http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/2012/05/mata-kuliah-pengantar-administrasi-bisnis/comment-page-2/
http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/2012/05/mata-kuliah-pengantar-administrasi-bisnis/comment-page-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar