Minggu, 03 Mei 2015

PENGENALAN SIKLUS PRODUK RINSO

Mengenai Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)

Siklus hidup produk merupakan konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu program yang dihasilkan dan ditawarkan oleh lembaga kursus dan pelatihan.
Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar . Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk.

Sedangkan manfaat dari siklus hidup produk ( Product Life Cycle) antara lain :

A. Tahap perkenalan (introduction); pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.

B. Tahap pertumbuhan (growth); Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat.

C. Tahap kedewasaan (maturity); Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap.

D. Tahap kemunduran (decline); Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru.

Untuk contoh Indonesia, misalnya Rinso yang berhasil memperpanjang PLC-nya dengan memperkenalkan Rinso Baru, Rinso Ultra, Rinso Formula Plus, serta Rinso Warna.

sumber:
http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/2012/05/mata-kuliah-pengantar-administrasi-bisnis/comment-page-2/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar